Senin, 10 November 2014

Current Drama To Watch: Cantabile Tomorrow, Lovely Drama With Lovable Music!

Well, it's time to comeback, i think.

Bulan November seakan jadi bulan 'pergantian' drama, karena bisa dibilang banyak drama menarik nan cantik yang bergelayutan di tiga stasiun TV kebanggaan Korea ini, tak terkecuali untuk KBS2. Digarap berdasarkan manga aslinya, Cantabile Tomorrow bercerita tentang 2 manusia dengan cita-cita besarnya dalam musik, mengalami pahit manisnya persahabatan, bahkan terlibat dalam percintaan!
Siapa sih yang tidak menyukai Joo Won?Setelah sukses besar dalam memerankan Park Shi-on dalam Good Doctor, ternyata Joo Won kembali ke dramaland menantang peran utama dalam drama yang kerap disebut Cantabile Tomorrow ini. Cantabile Tomorrow adalah drama hasil adaptasi dari manga berjudul Nodame Cantabile, yang bertemakan music, romance, comedy, dan  friendship. Manga ini sudah adaptasi dalam bentuk anime, dan j-drama di negara asalnya sendiri. Korea yang lagi gempar-gemparnya mengadaptasi berbagai dramapun mencoba mengambil drama ini sebagai remake selanjutnya setelah sukses dengan Fated To Love You. Dan bisa ditebak casts dari drama ini memang menjadi satu alasan untuk kita buat nonton drama ini!
official poster - tomorrow cantabile

Menggarap drama ini bukanlah hal yang mudah, tentunya. Berbagai fans dari j-drama Nodame Cantabile menentang drama ini karena citra k-drama yang selalu mendramatisir isi dari cerita yang sebenarnya. Namun KBS2 tetap 'berani' untuk menantang drama ini sebagai remake selanjutnya, dan aku mengapresiasi apa yang mereka lakukan.

Pemeran utama kita dalam drama ini adalah Cha Yoo-jin (Joo Won) dan Seol Nae-il (Shim Eun-kyung). Cha Yoo-jin adalah seorang musisi berbakat yang harus menelan mimpinya untuk pergi ke Eropa karena trauma masa lalunya. Karakternya yang dingin namun jenius membuatnya memiliki titel sebagai pianis nomor satu di jurusan kampusnya.

Berbeda dengan Yoo-jin, Seol Nae-il adalah seseorang yang selalu memiliki pemikiran innocent mengenai musik yang dimainkannya. Baginya, musik adalah salah satu cara agar ia bisa bersenang-senang. Oleh karena itu, Nae-il sama sekali tidak memiliki niat untuk mengikuti kompetisi musik walaupun ia adalah salah satu murid 'berbakat', atau bahkan bisa dibilang 'jenius' mengenai piano. Keunikannya yang selalu bermain tergantung dengan apa yang didengarnya ternyata bisa membuat seorang Cha Yoo-jin terpukau.

Music heals people's wound. Berhadapan dengan masa lalu yang masih mengikat trauma mereka masing-masing, akankah musik bisa menyelamatkan kedua anak ini dan bahkan membuat mereka membuka diri antar satu sama lain?


Berbeda dengan kebanyakan orang, aku sangat mengantisipasi drama ini. Bukanya hanya karena Joo-won yang akhirnya kembali ke dramaland, tapi lebih karena kualitas drama yang aku sendiri ingin lihat. Setelah melihat akting Shim Eun-kyung di Miss Granny, aku jadi benar-benar menyukai aktris muda yang satu ini. Dan aku percaya aktingnya sebagai Nodame versi Korea gak akan kalah dengan Ueno Juri.

Bagaimanapun juga, drama ini memberikan 2 episode perdana yang cukup bagus. Pace yang baik dan performa para pemain juga mendukung terjadinya hal tersebut, dan aku mulai menyadari bahwa 'bagus' saja tidak akan melampaui ekspektasi bagi pecinta Nodame Cantabile. Mereka yang berharap bahwa drama ini akan selucu, segokil j-dramanya malah harus menelan kekecewaan mendalam mengenai drama ini. Shim Eun-kyung pun mulai dikritik karena tidak mampu membawakan 'Nodame' dengan baik. 

Hanya saja, aku selalu melihat harapan saat sedang menonton drama ini. Entah itu karena interaksi para pemainnya, musik klasiknya yang membuatku jatuh cinta, atau justru karena aku hanya sangat menyukai drama ini. Bagiku, ini drama yang kutunggu-tunggu, dan aku sangat menghargai apa yang sudah dilakukan oleh seluruh kru TC, begitu pula dengan para aktornya.

Drama ini mulai menerima kritik yang berlebihan, membuat citra drama ini turun beriringan dengan rating yang rendah pada jam tayangnya sendiri. Aku bahkan sempat ingin berhenti mengikuti drama ini karena saking banyaknya cacian yang ditujukan pada drama ini. Istilahnya, aku sedikit tidak memiliki kepercayaan diri bahwa drama ini tetap akan memenuhi ekspektasiku sampai akhir. Dan harus aku akui, reaksi dramabeans mengenai drama ini sungguh di luar dugaan. Duo recappers, javabeans dan girlfriday membuatku merasakan semangat besar untuk tetap melanjutkan drama ini sampai akhir. Keberadaan thread drama ini di soompi juga sedikit demi sedikit memulihkan rasa rendah diriku dan aku akhirnya percaya bahwa aku bisa melanjutkan drama ini.

Dari segi cerita, drama ini memiliki plot yang konsisten dan terarah. Drama ini seakan memiliki 'teknik' dalam mengatur suasana, dan menyelesaikan satu per satu masalah yang ada tanpa harus terlihat dipaksakan. Perkembangan karakter dalam drama ini sangat berkontribusi besar dalam menjadikan drama ini sebagai drama ongoing terbaik yang aku tonton saat ini. Perpaduan musik, sedikit 'persahabatan', dan love-line selalu terasa manis dan tidak terkesan dipaksakan.

Karakter-karakternya selalu terasa hangat, terutama Yoo-jin yang mengalami banyak perubahan pada karakternya selama 8 episode ini. Transformasinya sebagai Cha Yoo-jin yang 'baru' membuatku menyenangi karakternya, dan aku juga senang dengan fakta bahwa sekarang adalah giliran Nae-il untuk berkembang. Semua karakter dalam drama ini seperti diatur sedemikian rupa, walaupun aku sedikit merasa kesal dengan karakter Franz dan Dean Mina.

Musik klasik yang dimainkan selalu indah, dan aku sangat menyukai aspek tersebut. Semua tentang drama ini adalah pancaran ekspektasiku yang sebenarnya. Oleh karena itu, aku sangat mengapresiasi apa yang sudah dibuat, serta seluruh kerja keras kru dalam menciptakan drama yang watchable namun bermakna.

Overall, aku masih menikmati drama ini dan aku tetap berharap ini bukan drama yang akan menghancurkan ekspektasiku nanti di akhirnya ^^

Sincerely,
Keia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Featured Post

Book Rant: Antologi Rasa by Ika Natassa

Well, well, well. First, this is not a spoiler-free rant, read this on your own risk. I just can't believe that I've spent nea...