Kamis, 26 Juni 2014

Thoughts on Drama: You're All Surrounded Episode 13

Dark yet heartwarming episode.

Setelah episode 12, inilah episode yang paling mengoyak hati dimana kita melihat titik terendah kehidupan detektif ceria kita, Eo Soo Sun karena ibunya. Satu hal yang baik dari episode ini adalah...bahwa semua karakter kembali menunjukkan aksi yang lebih baik dalam lingkup pekerjaan, persahabatan, keluarga, dan tentunya percintaan. Eun Dae Gu yang turut sedih soal Ibu Soo Sun, kedekatan Dae Gu dan Pan Seok yang walaupun suka berantem namun seru untuk dilihat. Yang aku tahu tentang episode ini adalah: Yoo Ae Yeon is one of k-drama’s worst character and sure...a bitch.
You're All Surrounded: Episode 13

Mungkin episode ini bukanlah sebuah episode yang akan memuaskan keinginan kita. Tapi aku percaya episode ini jelas mampu mengekspresikan perasaan karakter-karakter yang ada di dalam drama ini.

Dan untuk episode ini, mahkota pencuri setiap adegan jatuh pada Eo Soo Sun.

Tidak seperti ulasan yang ada di blog ini, kali ini aku akan membahas Soo Sun terlebih dahulu. Salah satu karakter wanita di drama yang mengalami perubahan cukup pesat. Mulai dari episode 1 sampai sekarang, Soo Sun bertransformasi menjadi sebuah karakter yang sebelumnya memilki semua kekurangan terburuk—ceroboh,biasa-biasa aja—menjadi sebuah karakter yang lebih bertanggung jawab, penuh keadilan, dan tentunya mencintai pekerjaannya sebagai detektif.
Saat melihatnya menangis, aku sadar akan sesuatu. Soo Sun bukanlah karakter yang cukup kuat untuk mengetahui apa arti hidup yang sebenarnya. Eo Soo Sun juga manusia, dan semua pelajaran yang ada dalam drama ini membuatnya menjadi karakter yang lebih kuat dan juga manusiawi. Dan satu fakta yang tidak boleh dilupakan adalah bahwa sekarang Soo Sun tidak hanya memiliki ibu-nya, namun sekarang ia juga memiliki teman-teman yang siap membantunya kapanpun ia membutuhkan bantuan, terutama partner-nya, Dae Gu yang ternyata adalah Kim Ji Yong.

Aku sedikit heran, kenapa adiknya Soo Sun tidak menunjukkan batang hidungnya, padahal ibunya bahkan sudah dirawat di rumah sakit. Ada banyak hal yang mungkin kurang realistis kelihatannya, tapi ingatlah selalu bahwa ini adalah drama, dimana hal yang tidak mungkin pun bisa terjadi. [ex:You Who Came From The Stars]
Tidak seperti yang sebelumnya, Eun Dae Gu benar-benar bangkit dari karakter grumpy-nya, menunjukkan dia bisa menjadi menantu yang baik bagi Ibu Soo Sun melalui perlakuannya kepada Ibu Soo Sun dan panggilan ‘ibu’-nya untuk Ibu Soo Sun. Karena Ibu Soo Sun sudah tahu kalau Dae Gu adalah Ji Yong, menurutku akan mudah bagi Soo Sun & Dae Gu memilki semacam ‘hubungan’ secepatnya. /eh/
Mungkin kita sekali lagi tidak mendapatkan adegan yang paling ditunggu-tunggu untuk Dae Gu-Soo Sun (re:kiss scene), tapi aku menyukai sikap Dae Gu di episode ini. Tidak hanya berusaha menjadi orang yang selalu ada untuk Soo Sun, dia juga mencoba menyenangkan Ibu Soo Sun agar Soo Sun tidak terlalu merasa tertekan atas insiden ini. Momen di saat Dae Gu menyerahkan ipod kepada Soo Sun dan juga melihat bagaimana Soo Sun menyembunyikan rasa sakitnya, membuatku sekali lagi ingin berteriak kepada writer-nim untuk segera membuat gebrakan besar-besaran dengan bakal calon pasangan yang satu ini. Setidaknya, Dae Gu adalah tipikal laki-laki dewasa di episode ini. Untuk Soo Sun, tentunya.
Walaupun ini termasuk episode yang penuh kepedihan dan sanggup menguras air mata, kelihatannya ‘pasangan bromance’ Dae Gu – Pan Seok kembali menghibur kita dalam beberapa menit dengan aksi gengsi Dae Gu dan Pan Seok yang cepat marah. Adegan mereka sekali lagi membuatku terkikik geli!Gak ada abisnya Dae Gu-Pan Seok ini.

Apalagi Pan Seok yang sudah diperingatkan oleh Jo Hyung Chul untuk tidak mencari tahu lagi tentang kasus Masan, membuatnya lebih memikirkan Dae Gu dalam hal keselamatannya. Dae Gu bersikap cukup cute saat menanyakan alasan Pan Seok mengunjungi Hyung Chul dan membuatku ingin berteriak untuk kekompakan mereka yang sebentar lagi akan menjuluki mereka sebagai ‘cute duo brothers’.
Tidak ketinggalan, Park Tae Il dan Ji Gook yang seolah sudah meresmikan ‘hubungan’ mereka dengan bromance moments yang gak ada abisnya. Walaupun sedih melihat Gook harus menghadapi kenyataan kalau Soo Sun adalah milik Dae Gu(?), aku tetap akan mendukungnya dalam drama romance-nya bersama Tae Il di drama ini,kkkk:D
Yang terakhir adalah karakter baru menyebalkan dan sama sekali tidak manusiawi, Yoo Ae Yeon. Ini mungkin kebiasaanku, tapi sebagus apapun sebuah drama, aku selalu meng-skip adegan yang ada karakter macam Yoo Ae Yeon ini. Namun aku memustuskan untuk mencoba menonton adegannya sedikit, dan selebihnya berasal dari liverecap yang kubaca.

Yoo Ae Yeon. Sejak awal orang menduga perempuan inilah yang menjadi kunci kasus di Masan 11 tahun yang lalu. Di lihat dari fakta yang ada, sepertinya memang begitu. Bahkan suami dan anaknya merasa muak dengannya. Pantas saja dia mengalami kehidupan seperti itu. Tapi tetap saja, memukuli seseorang hingga wajahnya seperti itu, termasuk kejahatan yang patut diselidiki. Atas motif apa, seorang wanita chaebol nan elegan, melakukan sebuah kejahatan yang tidak mencerminkan keberadaannya sebagai manusia. Itu sebabnya ada perkataan bahwa manusia bukanlah seorang manusia kalau mereka bersikap seperti binatang. Karakternya ini benar-benar...ibu-ibu sok cantik yang menyebalkan dan harusnya membusuk di penjara!/aduh kejam/
Sejak awal, drama ini tidak hanya melibatkan dunia kepolisian, namun juga masa lalu yang memang terikat erat dalam setiap kasus dalam drama ini. Kita sudah mengambil contoh dari Dae Gu dan Pan Seok, dan inilah fase dimana mereka akan mengetahui kebenaran yang sesungguhnya dan mengambil sikap yang bijaksana tentang itu.

Aku lebih suka semua kasus ini siap, lalu Dae Gu dan Soo Sun bisa memulai ‘hubungan’ mereka tanpa adanya keterhubungan dengan masa lalu kelam Dae Gu. Aku tetap menyemangati mereka berdua, dengan alasan mereka bahagia dan semua akan berakhir dengan manis.

Ini drama, dimana kita tahu apa yang terjadi belum tentu kenyataan yang sebenarnya. Walaupun begitu, drama adalah media dimana kita bisa menyadari bahwa setiap momen di drama mungkin saja lebih buruk daripada apa yang ada di hadapan kita.

Sampai nanti di episode 14.

Kyou - (@KamiliaAssagaf)

2 komentar:

  1. boleh tau .. lagu yang dari Ipod nya Eun Dae Gu, judul lagunya apa .. siapa yang nyanyi..? kalo boleh, minta link nyaa.. tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu lagu I'll Be On Your Side dari Coffee Boy :)) Ini link-nya: http://q.gs/7Hym7 atau http://q.gs/7Hz5S kalo gak bisa pake 2 link yang itu, cari di youtube aja^^

      Hapus

Featured Post

Book Rant: Antologi Rasa by Ika Natassa

Well, well, well. First, this is not a spoiler-free rant, read this on your own risk. I just can't believe that I've spent nea...